sumedang

sumedang.org project (2)

Tak mudah memang membuat blog/website menggunakan telepon seluler,apalagi bagi seorang awam seperti saya yang tak menguasai bahasa pemrograman web. Meskipun menggunakan template/ script yang disediakan penyedia hosting,tetap saja banyak kendala yang tak akan ditemui ketika kita membangun blog/situs lewat PC.
Blog sumedang.org yang saya buat menggunakan script wordpress karena lebih sederhana dan mudah diedit di telepon selular. Sebelumnya sempat juga bongkar pasang aneka CMS seperti Joomla dan Mambo walau akhirnya untuk sementara menyerah juga karena susah mengeditnya. Jadi saya memutuskan menginstal script wordpress pada domain sumedang.org dan mencoba script lainnya pada domain lain sebagai uji coba.
Sampai saat ini saya belum berhasil mengubah theme pada template wordpress. Theme pilihan saya sebenarnya sudah diunggah tapi tetap gagal untuk dipilih/diklik.
Beberapa plugin berhasil saya install,ada beberapa yang tidak bisa tampil/kelihatan di browser seperti plugin counter dan quote. Memang browser telepon seluler tak dapat menampilkan halaman web sesempurna PC.
Yang paling istimewa dari proses pembuatan blog/situs lewat ponsel adalah pengetikan dan pengeditan yang memakan waktu yang lama. Bayangkan, berapa lama kira-kira Anda dapat mengetik satu halaman yang berisi 2000 karakter hanya dengan satu jari/jempol atau dua jempol tangan Anda atau dua jari Anda yang memegang stylus pen? Sedikit beruntung jika Anda mempunyai ponsel dengan keyboard/keypad qwerty dan cukup beruntung jika terdapat handwriting recognition atau Anda mempunyai wireless keyboard untuk pengetikan/pengeditan. Hal ini tentu dapat terhindar jika Anda sudah memiliki naskah yang telah disimpan di ponsel untuk di-copypaste-kan ke situs milik Anda.
Kalau Anda merasa kerepotan kehilangan waktu dan energi,sebaiknya hindari membuat blog/situs dari telepon seluler. Hanya buang-buang waktu saja!

bersambung…

Share/Save/Bookmark

Tags: ,

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.


© 2009 100% tinu henpon,euy! All Rights Reserved